Nama : Darel Akhir Syawal
Kelas : 3EB02
NPM : 21212717
Bahasa Indonesia 2#
Surat
itu sendiri merupakan sarana tertulis yang digunakan untuk memberikan informasi
kepada pihak lain. Surat biasanya terdapat bagian - bagian antara lain seperti
corp surat, tanggal, alamat yang dituju, salam pembuka, bagian – bagian paragraf,
salam penutup dan tanda tangan si pengirim . Surat menggunakan modal kertas dan
alat tulis. Pada zaman sekarang ini surat sudah jarang digunakan karena
seiringnya perkembangan zaman yang memunculkan sosial media seperti facebook,
path, twitter dan lainnya. Surat itu sendiri memerlukan perangko dan stempel.
Jasa pengantaran surat dilakukan oleh tukang pos dan kantor pos.
Sejarah
surat dunia sudah dimulai dari kerjaaan majapahit, sriwijaya dan Tarumanegara
menggunakan huruf palawa. Pada zaman dahulu sudah banyak digunakan di negara
persia dan mesir, China, India, Romawi hingga sampai sekarang ini.
Fungsi
surat antara lain :
1. Sarana Pemberitahuan
Yaitu bagaimana
seseorang memberikan informasi kepada pihak lain.
2. Sarana Permintaan,
buah pikiran, dan gagasan
Yaitu sarana untuk
menuangkan isi yang ada di dalam diri seseorang agar dapat tersampaikan secara
jelas
3. Alat bukti tertulis
dan Alat pengingat
Yaitu surat sebagai
bukti bahwa dia memiliki hak dan kewajiban seperti surat wasiat.
4. Pedoman kerja.
Yaitu surat lamaran
kerja dimana kita membuat surat untuk perusahaan untuk mendapatkan posisi yang
diinginkan.
Jenis
– Jenis Surat :
1. Surat Pribadi
2. Surat Resmi
3. Surat Niaga
4. Surat Dinas
5. Surat Lamaran Kerja dan lainnya.
Surat
Resmi
Dalam tugas softskill
ini saya akan membahas mengenai surat resmi. Surat resmi ialah surat yang digunakan untuk kepentingan khusus dan dalam
situasi yang menyangkut orang banyak, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi.
Surat jenis ini ditulis dengan bahasa indonesia baku sesuai Ejaan Yang
Disempurnakan ( EYD ).
Surat Resmi
seperti Undangan, Surat Edaran, dan Surat Pemberitahuan.
Ciri – ciri Surat Resmi yaitu :
1.
Menggunakan kop surat apabila
dikeluarkan organisasi
2.
Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
3.
Menggunakan salam pembuka dan penutup
yang lazim
4.
Penggunaan ragam bahasa resmi
5.
Menyertakan cap atau stempel dari
lembaga resmi
6.
Ada aturan format baku
Contoh
Surat Resmi :
PEMERINTAH
PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 JAKARTA
Jalan
Wijaya Timur 41 Jakarta Selatan Telp. (021) - 7394006 Kode Pos 12170
================================================================
No. :
206 /50 /.292 / 2014
Lampiran
: ...............................
Perihal
: Undangan Ambil Raport
Jakarta, 22 Desember 2014
Yth. Bapak/Ibu/Orang Tua / Wali
Peserta Didik Kelas VII, VIII, IX
SMPN 13
Di Jakarta
Dengan ini kami
sampaikan undangan untuk ambil Raport Semester Ganjil Untuk Kelas VII, VIII dan
IX Tahun Ajaran 2014 - 2015 yang akan dilaksanakan pada :
Hari :
Sabtu
Tanggal :
29 Desember 2014
Jam :
10.00 WIB
Tempat :
Ruang Kelas Masing - Masing
Demikian undangan ini
kami buat, semoga bapak / ibu dapat hadir pada waktu yang telah ditentukan,
apabila ada perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian, atas perhatian dan kerjasamanya
kami ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
Kepala SMPN 13 Jakarta
Bagian
– bagian Surat Resmi :
1. Kop / Kepala Surat
Dalam
penulisan surat resmi menggunakan kop / kepala surat apabila surat tersebut
dikeluarkan oleh instansi atau organisasi tertentu. Kop / kepala surat umumnya
mencantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, fax, alamat email dan
alamat situs website. Selain itu juga menggunakan logo atau lambang instansi
terkait diletakkan di sebelah kiri kop surat.
2. Tanggal
Penulisan
tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan
angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya
sama dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal
nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala
surat dan alamat tujuan. Penulisan yang benar adalah Jakarta, 29 Desember 2014.
3. Nomor Surat
Dalam
penulisan surat resmi, Nomor surat merupakan salah satu bagian dalam membuat
surat resmi. Nomor surat resmi umumnya ditulis dengan kombinasi angka dan
huruf. huruf menandakan instansi yang membuat surat resmi tersebut sedangkan
angka digunakan untuk menentukan periode atau waktu surat tersebut diterbitkan.
4. Lampiran
Yaitu
halaman tambahan untuk memberikan infromasi lain yang ingin disampaikan.
Seperti surat lamaran pekerjaan dengan menambahkan CV yang dibuat.
5. Hal
Yaitu tujuan isi surat
yang ingin disampaikan oleh si pengirim
6. Alamat Tujuan
Dalam
penulisan alamat tujuan surat, sebaiknya gunakan nama orang disertai
jabatannya, atau gunakan jabatannya saja jangan menggunakan instansinya.
Contoh:
Yth. Bapak
Muhammad Irsyad
Manajer
Accounting
Kantor Akuntan
Publik
Kuala Tungkal
7. Salam Pembuka
Yaitu salam awal
sebelum penulisan paragraf pembuka. Seperti Dengan Hormat, Yang Terhormat dan
lain – lain.
8. Isi Surat
Yaitu memberikan
informasi mengenai tujuan, latar belakang, dan kegiatan yang ingin disampaikan
9. Salam Penutup
Yaitu
menuliskan kalimat terakhir setelah paragraf penutup.
10.
Pengirim
11.
Tembusan
12.
Inisial
Demikianlah
Tugas ini saya buat mengenai surat. Kesimpulannya Surat Resmi ialah surat yang
digunakan untuk berbagai kepentingan seperti undangan rapat sekolah, pertemuan
antar perusahaan dan ditulis dengan bahasa indonesia yang baku sesuai dengan
ejaan yang disempurnakan.
Sumber – Sumber :
Thank you a bunch for sharing this with all folks you actually understand what you are talking about! Bookmarked. Please additionally talk over with my website =). We could have a link exchange arrangement between us
ReplyDeleteNice blog here! Also your website lots up very fast! What web host are you the usage of? Can I am getting your affiliate hyperlink on your host? I want my website loaded up as fast as yours lol
ReplyDelete