Sunday, April 7, 2013

Artikel terkait dengan Perekonomian Indonesia saat ini :



Ini Kelemahan Perekonomian Indonesia Versi Kadin




Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto (kiri) dan Wakil Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie di Kantor Kadin, Jakarta, Senin (1/10/2012), sebelum memberikan penjelasan mengenai rencana pelaksanaan Rapimnas Kadin 2012, 2-4 Oktober



JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan perekonomian Indonesia ke depan sebenarnya sangat menjanjikan bagi investor baik domestik maupun asing. Namun Kadin melihat masih ada kelemahan perekonomian yang perlu dibenahi.
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Novian Bakrie mengatakan, perekonomian Indonesia yang menjanjikan tersebut dibuktikan dengan investasi yang masuk, tingkat konsumsi masyarakat yang berkembang dan dunia usaha yang bergairah.

"Tapi masih ada beberapa kelemahan struktur ekonomi Indonesia yang perlu dibenahi kini," kata Anindya di Menara Kadin Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Anindya melihat kelemahan ekonomi Indonesia itu di defisit neraca perdagangan. Saat ini akibat impor yang lebih besar dari ekspor maka hal tersebut membuat neraca perdagangan Indonesia makin defisit. Apalagi impor yang terbesar dari minyak dan gas (migas).

Di sisi lain, Anindya juga menyoroti subsidi bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat yang sebenarnya malah tidak tepat sasaran. Saat ini subsidi anggaran BBM malah dinikmati oleh orang kaya.

"Imbasnya, defisit dan tekanan impor migas yang tinggi itu menyebabkan pelemahan nilai tukar rupiah," tambahnya.

Imbasnya lagi, anggaran yang sebenarnya untuk infrastruktur malah terabaikan. Anindya menilai dalam beberapa bulan terakhir ini tidak ada perbaikan kebijakan pemerintah sehingga permasalahan yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah tidak bisa diselesaikan.

"Akibat struktur fiskal yang lemah seperti ini dan telah mengalami defisit, maka pengeluaran untuk kebutuhan infrastruktur menjadi tidak maksimal," tambahnya.

Padahal investor asing saat berniat berinvestasi di Indonesia tentu akan melihat birokrasi hingga sisi infrastrukturnya. Jika tidak bagus, maka investor asing tersebut akan hengkang dari Indonesia.


Analisis Artikel diatas menurut pandangan saya :
Perekonomian Indonesia saat ini banyak memiliki kekurangan atau kelemahan seperti Harga BBM yang hanya dinikmati oleh orang kaya saja, defisit neraca perdagangan akibat dari impor yang lebih besar dari ekspor dan anggaran untuk infrastruktur telah terabaikan. Semua ini akibat dari kurang kinerjanya pemerintah dalam hal mengatur bidang perekonomian di Indonesia. Tetapi menurut bank dunia hingga saat ini perekonomian Indonesia naik mencapai 6,3 persen. Menurut pendapat bank dunia yang memicu pertumbuhannya yaitu hasil dari negosiasi di Amerika Serikat, pertumbuhan di zona Euro dan perlambatan ekonomi china yang berkepanjangan. Selain itu juga yang memicu pertumbuhannya yaitu pertumbuhan kelas menengah. Tetapi kita sebagai warga Negara harus bisa tetap waspada jangan sampai terjebak dengan pendapatan kelas menengah ( stagnant ) yang artinya tidak boleh hanya berdiam diri dengan pendapatan yang ada dan harus tetap berusaha.

Masalah – masalah yang bisa terjadi di perekonomian Indonesia :

1. Menciptakan manusia yang kualitasnya rendah
Artinya manusia yang tidak mau berusaha, malas – malasan, bergantung pada orang tua, dan tidak berproduktif.

2. Daya saing internasional rendah
Artinya daya saing antara produk kita dengan luar kurang diminati oleh pasar dunia sehingga pemasukan untuk kita sendiri sangat kecil.

3. Terjadinya ketimpangan pendapatan antarkelompok penduduk
 Artinya pendapatan antar kelompok memiliki kesamaan dan menimbulkan perbedaan dari setiap pembagian masing – masing anggota.


Penyelesaian Masalah Perekonomian di Indonesia :
Menurut saya penyelesaian masalah perekonomian Indonesia tidak mempunyai penyelesaian yang efektif karena pertumbuhan ekonomi ini bersifat tidak pasti Karena pertumbuhan perekonomian bisa saja naik sewaktu – waktu dan juga bisa turun sewaktu – waktu. Masalah perekonomian bisa diselesaikan apabila kita sebagai manusia bisa sadar bahwa sebagai manusia harus bisa menjadi orang yang lebih produktif, mau bekerja keras, berusaha, dan memperhatikan kondisi ekonomi. Namun, pemerintah saat ini telah menjalankan program Master Plan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ( MP3EI ). Program ini mendorong pertumbuhan ekonomi baru di pedesaan. Hal ini dimaksudkan agar orang diberbagai daerah juga merasakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kesimpulan :
Bahwa perekonomian Indonesia bisa menjadi lebih baik jika kita sebagai warga Negara mau untuk sadar dan bekerja keras memajukan perekonomian Indonesia. Pemerintah kita bantu dalam program MP3EI.  Perkembangan perekonomiannya bisa naik maupun turun bergantung dari kinerja pemerintah, daya saing internasional, dan defisit neraca perdagangan. Perekonomian Indonesia harus bisa di tingkatkan dan juga seperti bidang pendidikan, bisnis, dan hal berbudaya serta bidang lainnya.

Sumber :
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/03/06/144003/Ini.Kelemahan.Perekonomian.Indonesia.Versi.Kadin

No comments:

Post a Comment

Post a Comment