Sunday, November 4, 2012

Analisis mengenai judul makalah Pengaruh teknologi internet social media bagi pemasaran bisnis keripik maicih



 Nama : Darel Akhir Syawal ( 21212717 )
 Kelas : 1EB06
 Tugas : Tugas 2 Pengantar Bisnis #softskill

Latar Belakang

Keripik maicih atau yang disebut juga sebagai 'keripik setan' adalah salah satu ikok makanan yang saat ini sedang digandrungi di kota bandung. sebenarnya keberadaan keripik maicih bukanlah tergolong baru. seperti penuturan sosok dibalik kesuksesan maicih, reza nurhilman atau yang akrab disapa axl, awal dia menemukan resp keripik pedas berbahan singkong ini bermula dari pertemuannya dengan seorang nenek 3 tahun silam


Saya akan menganalisis bisnis keripik pedas maicih ini dari beberapa segi :


1. Jejaring sosial
Bisnis keripik maicih mulai berkembang dari twitter dan facebook. Twitternya di @infomaicih dan facebooknya di facebook.#maicih. Media penjualan dapat dikenal banyak oleh masyarakat terutama para remaja. Penjualannya sangat cocok di era modern ini. Twitter dan facebook ini sangat banyak digunakan masyarakat sehingga penjualannya sangat pesat. Penjualannya bisa menjangkau banyak daerah di indonesia.
2.  Konsep penjualan
Penjualannya cukup unik karena bergentayangan atau berpindah - berpindah . Penjualannya sangat menarik perhatian masyarakat untuk mencoba keripik dan membelinya. Penjualannya muncul pada waktu pagi, siang, dan bahkan malam hari. Penjualannya juga terdapat di outlet seperti toko - toko. Pembuat maicih ini ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari penjualan yang lain dengan menampilkan rasa yang sangat pedas.
3. Keuntungan dan kerugian
Dari wawancara kami dengan penjual keripik maicih, bahwa keuntungan keripik maicih ini yaitu sekitar 50 juta rupiah dan pernah mengalami kerugian sekitar 100 bungkus tidak terjual. Hasil kerugian dan keuntungan tersebut tergantung dari musim dan tempat penjualan. Keuntungannya bisa digunakan untuk membeli mobil 1 buah, membayar gaji asisten penjual, dan membeli bahan bakar bensin untuk mobil.
4. Lambang keripik maicih
Lambang keripik maicih memiliki 2 gambar. gambar yang pertama yang menghadap kedepan, yaitu pada awal pembuatan maicih di kota cimahi, tempat produsen keripik maicih. Dan gambar yang kedua menghadap kesamping setelah bekerja sama dengan perusahaan keripik yang lain. Terdapat juga slogan for ichiers with love yang memiliki arti bahwa keripik maicih ini menjualnya dengan penuh rasa cinta.

Kesimpulan : Bisnis keripik pedas maicih ini sangat mendatangkan omset yang besar dan terkenal di sleluruh wilayah indonesia.



No comments:

Post a Comment