Friday, November 30, 2012

SNMPTN di Tahun ke-dua



Setelah lulus dari SMA saya ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri. Disaat itu saya mencoba berbagai macam test seperti snmptn, simak UI, dan sejenis lainnya. Usaha telah dilakukan dengan mengikuti bimbel ( bimbingan belajar ) sebelum menghadapi berbagai test. Apalah daya semua test yang saya ikuti tidak ada yang lolos satupun. Ketika itu saya benar – benar malu terhadap teman yang lain. Karena rata – rata yang tidak lebih pintar dari saya bisa masuk ke ptn. Saya merasa telah mengecewakan kedua orang tua saya karena tidak berhasil. Bingung.. malu… semua sudah kupasrahkan.
Akhirnya karena aku memutuskan untuk belajar setahun lagi untuk mengejar cita – citaku masuk perguruan tinggi negeri. Saat itu aku memilih untuk bimbel di tempat les nurul fikri. Menurut sahabatku itu yang paling bagus. Awal masuk sih ya… masi malu – malu lah . ternyata didalam kelas itu banyak sekali orang dari berbagai macam daerah, seperti padang, karawang, dan medan. Ada juga yang berasal dari smk seperti smk farmasi dan smk penerbangan. Dan banyak juga dari sma unggulan seprti sma 8. Dan.. yang buat aku bingung ada juga yang sudah mendapat beasiswa tetapi tidak jadi diambil karena orangtuanya tidak menyetujui. Rata- rata  dari mereka jurusan yang akan diambil kedokteran. Wow saya terkaget karena banyak sekali yang menginkan dokter.
Sejak saat itu saya menjadi dilemma untuk mengambil jurusan kedokteran.  Dari awal saya sudah menginkan mengambil jurusan matematika. Yaa.. menurut orang sih itu jurusan yang paling berat dan lingkup kerjanya hanya sedkit.. orang tua ku pun tidak setuju atas apa yang ingin kuambil. Hmmm tapi saat itu aku nasi terus berpikir atas semua pendapat dari sahabat, teman, dan orang tuaku. Orang tuaku menyuruh les bimblenya ditambah dengan les bahasa inggris. Karena mendapat sertifikat itu sangat penting bila untuk mencari kerja nanti.
Saya memtuskan untuk bimbel bahas inggris di LIA. Harganya cukup sepadan dengan pengajaran dan tempatnya. Ku jalani hari – hariku ditempat les LIA dan Nurul Fikiri. Berhari – hari aku mnegrjakan soal latihan untuk snmptn dengan serius tanpa henti. Ku ikuti semua perintah guru pengajar bimbel. Kursus bahasa inggris pun ku jalani dengan serius. Setelah setahu ku coba snmptn lagi ternyata  aku tidak lolos lagi……. Aku sedih, marah, kecewa atas hasil yang belum aku dapat. Tapi setalah aku mencoba di unj ternyata aku mendapat jurusan sosiologi. Tapi akunputuskan untuk tidak mengambil itu, Karena ruang lingkup kerja membuatku tidak mengambilnya. Akhirnya, saya memutuskan untuk mengambil akuntansi di universitas gunadarma. Jadi.. kesukesan itu bukan kita berada di tempat yang bagus… tapi bagaimana kita bisa bagus ditempat manapun…
sekian

No comments:

Post a Comment