Sunday, November 10, 2013

Tulisan Ke-3 Ekonomi Koperasi



Nama           :         Darel Akhir Syawal
Kelas            :         2EB02
NPM            :         21212717    
Tugas           :         #Ekonomi Koperasi Tulisan Ke-3

Rise UMKM Indonesia

Embedded image permalink 

Pada kesempatan kali ini saya ingin membuat tulisan mengenai Talkshow umum yang diadakan Fakultas Ekonomi dalam rangka Gunadarma Economic Days yang saya ikuti pada hari Jumat 1 November 2013 bertempat di Auditorium D460 pukul 07-30 – 10.30 WIB. Talkshow tersebut dihadiri oleh Asisten Gubernur BI yang bernama Bapak Mulya Siregar, Kementrian Koperasi Indonesia yang bernama Bapak Sjarifuddin Hasan, dan seorang Enterpreneurship yang bernama Bapak Effendi. 
Acara tersebut membahas tema mengenai Rise UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) Indonesia, yaitu cara bagaimana kita sebagai masyarakat untuk bisa mencapai UMKM yang baik dan menyejahterakan seluruh anggota. UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) yaitu suatu usaha yang dimulai dari kegiatan – kegiatan kecil untuk mendapat suatu keuntungan. UMKM termasuk koperasi harus membuat para anggotanya sejahtera dan mampu melayani masyarakat dengan baik. Di Indonesia UMKM termasuk hal yang sulit, contohnya dalam menghadapi APEC 2013 nanti tidak bisa bersaing secara baik karena dalam masyarakat indonesia sendiri belum bisa memberikan hasil kepada negaranya. Menurut Asisten Gubernur BI yaitu Bapak Mulya Siregar, bahwa di Indonesia sendiri UMKM sudah sedikit membaik terbukti dari pembangunan UMKM di setiap tempat walaupun di daerah – daerah di pedesaan masih sangat kurang. Dalam slide presentasinya ia menjelaskan bagaimana UMKM seharusnya dikelola dengan baik sehingga bisa menciptakan keuntungan yang besar dan proses terjadinya UMKM itu berjalan. Menurut seorang Enterpreneurship yaitu bapak effendi, UMKM itu diabaratkan seperti counter, dimana tempat kita membeli pulsa handphone. Ia juga mengatakan ketika seseorang ingin menjadi seorang enterpreneur, harus memiliki sikap tahan banting, mau dikritik, mengetahui apa yang diinginkan, tujuan yang akan dicapai, dan bagaimana cara berbisnis yang baik. Beliau ini memiliki usaha yang sangat sukses dan mengajari para peserta talkshow untuk menjadi enterpreneur yang baik. 

Embedded image permalink

Ia mencontohkan bahwa seorang mahasiswa/i harus bisa mencari biaya sendiri untuk membiayai perkuliahannya. Ia juga memberikan Quote “ Enterpreneurship is knowing what you want” yang artinya menjadi seorang pengusaha harus mengetahui langkah dan tujuan yang jelas. Ia juga menjelaskan bahwa hal yang paling penting bagaimana kemauan yang besar pada diri kita. Menurut bapak Sjariffudin, ketika melihat UMKM yang sekarang ini harus jelas melihat permasalahan yang sebenarnya dengan jelas. UMKM sekarang ini memiliki perkembangan naik turun dilihat dari grafik pertumbuhan ekonominya setiap tahun. Koperasi dan UMKM di indonesia memang sudah membaik, namun dalam daerah seperti pedalaman harus didukung oleh banyak pihak dan memiliki sarana yang baik. Pemerintah harus lebih peduli lagi terhadap UMKM yang ada di daerah. 
Dalam Kesimpulan yang diambil oleh presenter itu, bahwa UMKM di Indonesia harus memiliki partisipasi yang aktif dari masyrakatnya sehingga ekonomi koperasi di indonesia bisa mencapai keuntungan yang baik. Bahwa dalam acara ini bisa memberikan inspirasi menjadi enterpreneur dan memiliki koperasi yang dapat bersaing dengan baik.

Menurut Pendapat Saya :
Talkshow yang diadakan BEM FE ini yang bertema Rise UMKM Indonesia bisa memberikan inspirasi untuk menjadi enterpreneur yang baik dengan mengetahui cara – cara, langkah, dan mengetahui apa yang harus dicapai. Para pembicara yang diundangkan sangat bagus dan memberikan jawaban yang memuaskan. Ekonomi koperasi yang ada bisa perlahan membaik dalam pengelolaannya nanti. Semoga acara ini ditahun depan bisa ditingkatkan dengan baik.
Kesimpulan :
            Rise UMKM Indonesia membahas mengenai UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) yang ada di indonesia untuk bisa diperbaiki sedikit demi sedikit. Acara ini juga memberikan motivasi untuk mengembangan bisnis yang dilakukan, informasi yang belum pernah didapat, dan semangat dalam melakukan kegiatan apapun.

No comments:

Post a Comment